Minggu, 23 September 2012

Biografi Raden Patah Pendiri Kesultanan Demak




SEJARAH & NASAB RADEN FATTAH (SULTAN DEMAK)



Dalam Forum diskusi Group Majelis Dakwah Wali Songo
http://www.facebook.com/topic.php?topic=112&post=255&uid=120689947966448#post255
SUMBER DATA RADEN FATTAH MENURUT PARA ULAMA' DAN HABAIB
[Data Sejarah Dari Al-Habib Hadi bin Abdullah Al-Haddar dan Al-Habib Bahruddin Azmatkhan Ba'alawi]

Sumber data yang benar dan disepakati oleh para Ulama' Islam adalah bahwa

1. Raden Fattah adalah murid dan menantu Sunan Ampel
2. Raden Fattah adalah Sayyid.

Bukti kesayyidan Raden Fattah, adalah:

1. Dinikahkan dengan Syarifah Asyiqah binti Sunan Ampel.
Dalam perspektif Fiqih Munakahat dan Kafa'ah Syarifah. Maka seorang Syarifah hanya pantas menikah dengan sayyid. Mengenai hal ini para ulama' 4 Madzhab sepakat, bahwa Syarifah seharusnya menikah dengan sayyid.

2. Berdasarkan beberapa kesaksian dari para ulama' dan habaib. dijelaskan bahwa:
Menurut Sayyid Bahruddin Ba'alawi, dan juga almarhum Habib Muhsin Alhaddar dan Al-Habib Hadi bin Abdullah Al-Haddar Banyuwangi menjelaskan bahwa Silsilah Raden Fattah mengalami pemutar balikan sejarah. Tokoh orientalis yang telah memutarbalikkan sejarah dan nasab Kesultanan Demak adalah Barros, Hendrik De Lame dll. Mereka ini adalah Orientalis Belanda yang berfaham Zionis.

Ayah Raden Fattah adalah Sultan Abu Abdullah (Wan Bo atau Raja Champa) ibni Ali Alam (Ali Nurul Alam ) ibni Jamaluddin Al-Husain ( Sayyid Hussein Jamadil Kubra) ibni Ahmad Syah Jalal ibni Abdullah ibni Abdul Malik ibni Alawi Amal Al-Faqih ibni Muhammad Syahib Mirbath ibni ‘Ali Khali’ Qasam ibni Alawi ibni Muhammad ibni Alawi ibni Al-Syeikh Ubaidillah ibni ahmad Muhajirullah ibni ‘Isa Al-Rumi ibni Muhammad Naqib ibni ‘Ali zainal Abidin ibni Al-Hussein ibni Sayyidatina Fatimah binti Rasulullah SAW .

Ayah Raden Patah yaitu Sultan Abu Abdullah (Wan Bo atau Raja Champa) ini menikah dengan Putri Brawijaya V (Bhre Kertabhumi).

Jadi pernikahan ini sesuai dengan Syariat Islam, karena seorang sayyid yaitu Sultan Abu Abdullah menikahi putri Brawijaya dan mengislamkannya.

Panggilan putra Brawijaya terhadap Raden Pattah. bukan berarti dalam arti anak. tetapi dalam bahasa JAWA ...Putra dipakai untuk memanggil anak, cucu, cicit dan keturunan.

Dalam Catatan beberapa Rabitah yang ada di Indonesia serta beberapa catatan para Habaib dan Kyai ahli nasab diriwayatkan bahwa:

Sayyid Abu Abullah (Wan Bo atau Raja Champa) memiliki istri:

1. Isteri Pertama adalah: Syarifah Zainab binti Sayyid Yusuf Asy-Syandani (Pattani Thailand) melahirkan 2 anak laki-laki: yaitu:
a. Sayyid Abul Muzhaffar, melahirkan para sultan Pattani, Kelantan lama dan Malaysia.
b. Sayyid Babullah, melahirkan Sultan-sultan Ternate.

2. Isteri kedua adalah Nyai Rara Santang binti Prabu Siliwangi Raja Pajajaran, melahirkan 2 anak, yaitu:
a. Sultan Nurullah (Raja Champa)
b. Syarif Hidayatullah (Raja Cirebon) bergelar Sunan Gunung Jati.

3. Istri ketiga adalah Nyai Condrowati binti Raja Brawijaya V, melahirkan 1 anak yaitu:
Raden Patah yang bergelar Sultan Alam Akbar Al-Fattah. Gelar Akbar dinisbatkan pada gelar ayahnya yaitu Sultan Abu Abdullah (Wan Bo atau Raja Champa) ibni Ali Alam (Ali Nurul Alam ) ibni Jamaluddin Al-Husain ( Sayyid Hussein Jamadil Kubra atau Syekh Maulana Al-Akbar)

Cerita yang wajib diluruskan adalah:

1. Menurut Babad Tanah Jawi, Bahwa Raden Patah anak dari Brawijaya V yang menikahi Syarifah dari Champa yang bernama Ratu Dwarawati

Sanggahan saya:

Dalam ilmu Fiqih Islam, hal ini penghinaan terhadap Syarifah, karena tidak mungkin seorang syarifah dinikahkan kepada Raja Hindu. kalao toh masuk Islam. Maka tidak mungkin syarifah menikah dengan muallaf.

2. Menurut kronik Cina dari kuil Sam Po Kong, Ibu Raden Patah adalah Selir Brawijaya dari Cina. Lalu selir tersebut dicerai dan dinikahkan kepada anak brawijaya yang menjadi Adipati Palembang.

Sanggahan Saya:

Jelas sekali kisah ini bertentangan dengan syariat Islam. Dan tidak layak dinisbatkan kepada ibu dari Raden Patah. Haram hukumnya Istri ayah meskipun telah dicerai dinikahkan dengan anak yang lain.

*Note : by Nurfadhil Azmatkhan Al-Husaini dengan tulisan ini menunjukkan pula bahwa =

1. Walisongo & kerabat pada masa lalu juga kerap kali menjaga & mengutamakan Kafa'ah..
2. Meluruskan pula sejarah Sunan Gunung Jati yang selama ini nasabnya benar & jelas namun dikisahkan
    sebagai putra Raja Mesir Abdullah.

Padahal Abdullah merupakan Raja Champa seperti data di atas; hal ini dikarenakan.. Sunan Gunung Jati sbg putra seorang Raja, ketika berdakwah ke nusantara, sebelumnya sempat belajar & berdakwah dari Mesir.. sehingga disangka sbg putra Raja Mesir.. Hal ini sudah kami cek dalam sejarah daftar penguasa Mesir pada jaman itu, tdk tercatat nama Syarif Abdullah.. sedangkan dalam sejarah Melayu, Pattani & Champa .. hal ini dikenal jelas.. dan diakui ulama ahli nasab.. Penulisan kisah sunan Gunung Jati sbg putra Raja Mesir berasal dari distorsi komunikasi mulut ke mulut yang kemudian dicatat dalam Babad sekitar 200 tahun kemudian dari masa kehidupan Sunan Gunung Jati.. dan kemungkinan besar terkait dengan campur tangan penjajah dalam mengaburkan sejarah para penyebar Islam nusantara

II. BUKTI, DATA & ARGUMEN YANG MENDUKUNG BAHWASANYA RADEN PATAH ADALAH SAYYID AZMATKHAN


1. Gelar Keislaman R. Patah dalam Serat Pranitiradya disebut sebagai SULTAN SHAH ALAM AKBAR. Secara antropologi (kebiasaan / kelaziman) penggelaran & pemargaan menunjukkan beliau sebagai sayyid keluarga Azmatkhan. Gelar "Shah" adalah salah satu sebutan bagi Sayyid jalur India.


Bila tentang gelar Shah tidak kita bahas.. nama belakang "Akbar" sudah cukup menunjukkan R. Patah dari grs laki adalah bagian keluarga besar Akbar - Azmatkhan yang secara antropologi pemargaan .. hal ini hanya diturunkan dr grs laki... Dimulai dr Ahmad Jalaluddin Akbar (bin Abdullah bin Abdul Malik AZMATKHAN) -> Husein Jamaluddin Akbar -> a. Ibrahim Zainuddin Akbar b. Ali Nurul Alam Akbar dll... selanjutnya diturunkan hanya kepada jalur Raja Demak.. & kerabat yg lain sepakat utk tdk menggunakan gelar Akbar sbg strategi dakwah pembauran..

Dimasa lalu tersebut seorang Raja / pemimpin atas umat Islam suatu daerah berhak mendapat gelar SULTAN.. hanya bilamana mendapat ijin, pengakuan & pengesahan internasional dari Syarif Mekah. MUSTAHIL para Syarif Mekkah mengesahkan Gelar Kesultanan bersanding dengan gelar Kesayyidan (SHAH) & Nama Belakang keluarga Sayyid (AKBAR).. bilamana bukan keturunan Rasul dari garis laki.

2. Ternyata indikasi R. Patah sebagai bagian kluarga Azmatkhan dikuatkan dengan data sejaman masa hidup bliau (memerintah Demak 1500-1518) yakni catatan Tome Pirez dari Portugis berjudul Suma Oriental ditulis tahun 1513 .. yang menyebutkan beliau sebagai berasal dari masyarakat kelas rendah di Gresik.. yang mengindikasikan :

a. Kala itu bliau dikenal bukan sebagai bangsawan Trah Langsung garis laki Majapahit. Adapun data yang menyebut R. Patah sebagai anak kandung Raja Majapahit Brawijaya V.. adalah berasal dari Babad Tanah Jawa yang baru ditulis pada abad 18. Adapun penyebutan R. Patah sebagai putra Brawijaya V, yang sebetulnya cucu dari putri Brawijaya V adalah sebagaimana Hasan & Husein yang disebut sebagai putra Nabi Muhammad meski sebetulnya adalah cucu dr putri beliau.

b. Berasal dari daerah dakwah kluarga Azmatkhan (Gresik adalah salah satu kawasan daerah dakwah keluarga Azmatkhan, yang mana salah satu yang masyhur dari daerah tersebut adalah SUNAN GRESIK)

ingat Sumber Portugis ini bukan data penjajah Belanda.. yang lebih patut kita curigai krn telah berhasil menjajah kita menyusup mempengaruhi catatan sejarah nusantara dimasa penjajahan mereka selama 3,5 abad.. sedangkan pihak Portugis tidak berhasil menjajah & mencengkeram secara kuat...

3. Serat Darmogandul mengisahkan kebingungan orang tua R. Patah ketika akan memberi nama, apakah mengikuti jalur darah Majapahit, jalur Cina atau mengikuti jalur Arab yang mana menurut orang Arab, ia harus dinamakan Sayid atau Sarib / Syarif. Secara antropologi penggelaran, hal ini menunjukkan ia memang mempunyai hak atas gelar Sayyid atau Syarif karena bliau turunan Nabi dari garis laki yang mana hal ini amat selaras dengan point sebelumnya.

4. Dalam buku "Mbah Djabbar : Leluhur dan Dzuriyyahnya" oleh Abdurrahim Izzudin dalam keterangan mengenai R. Patah menyebutkan salah satu putra beliau bergelar Raden Bagus Sayid Ali.. (*Kemungkinan besar merupakan nama arab dari Raden Kikin @ Pangeran Sekar Sedo Lepen). Kembali lagi penggelaran ini mengacu kepada penggelaran kepada keturunan Nabi Muhammad khusus dari garis laki.

5. Dalam catatan silsilah keluarga Syek Ahmad Mutamakin jalur KAJEN, nama leluhur beliau ditulis sebagai Raden Patah Sayid Ali Akbar. http://dikasoft.wordpress.com/2010/07/17/silsilah-syeh-ahmad-mutamakin/

6. Kelemahan dan kejanggalan akan sumber data R. Patah sebagai putra langsung Brawijaya V dari Babad Tanah Jawi yang tidak ditulis sejaman melainkan baru ratusan tahun kemudian pada abad 18, tidak sesuai secara fakta sejarah & terdapat pertentangan dengan nilai-nilai kelaziman syariah Islam yang dijaga para keluarga Wali & Ulama. Sebagai misal :

nama Arya Damar ditemukan dalam Kidung Pamacangah dan Usana Bali sebagai penguasa bawahan di Palembang yang membantu Majapahit menaklukkan Bali pada tahun 1343... sehingga jelas bliau bukanlah Saudara Tiri maupun ayah tiri R. Patah sebagaimana versi Babad Tanah Jawa.. sehingga ini melemahkan kevalidan babad ini meski ada informasi sejarah secara umum sangat berharga

Bahkan bilapun kita mengikuti versi Palembang bahwasanya Arya Damar anak Brawijaya 4 & R. Patah anak Brawijaya 5..

Penghibahan ibu R. Patah ketika hamil kepada orang lain (dalam versi Palembang, kpd "kerabat" Brawijaya V bukan "anak")... tetap saja melanggar Syariah Islam karena Nikah dalam masa ‘iddah Berdasarkan firman Allah Ta’ala:“Artinya : Dan janganlah kamu menetapkan akad nikah, sebelum habis masa “’iddahnya” [Al-Baqarah : 235] yang mana iddah wanita hamil sampai melahirkan.. pabila belum pasti hamil setelah digauli harus menunggu beberapa bulan utk memastikannya..

Hal2 yg melanggar Syariat Islam ini mustahil dibiarkan oleh para Wali Keluarga Azmatkhan... sehingga kita harus mengkritisi & mewaspadai sejarah nusantara versi ini yang sudah mendapat pengaruh penjajah .. yang telah mengadu domba antara dengan memberi dinding pada budaya tradisional dengan agama Islam..

7. Nara sumber dari Lampung (terima kasih kepada saudara Arya Purbaya) menginformasikan terdapatnya kisah di Lampung (Di jaman dahulu sempat menjadi satu wilayah dengan Palembang Sumatra Selatan) bahwasanya R. Patah bukan keturunan langsung Raja Majapahit melainkan keturunan Raja Mekkah-Melayu. Hal ini mengindikasikan betulnya R. Patah adalah anak Sultan Syarif Abdullah Akbar.. Raja Champa dan sebagian wilayah Melayu.. Beliau juga menggunakan Gelar Syarif yang sesuai dengan gelar mazhab ilmu nasab Hijaz (Mekkah)... Menurut kisah, pertemuan Sultan Syarif Abdullah Akbar dengan salah satu istri bliau adalah di Mekkah ketika naik Haji.. sehingga amat memungkinkan bliau dikenal di Mekkah & menggunakan gelar Turunan Nabi (Syarif) mengikuti mazhab ilmu nasab Hijaz [Keterangan : mazhab ilmu nasab Hadhrami biasa menggunakan gelar Habib, mazhab ilmu nasab Syam biasa menggunakan gelar Sayyid, mazhab ilmu Nasab India biasa menggunakan gelar Shah dll]

8. Kafaah Syarifah pada masa lalu sebagai Sunnah Nabi masih terjaga pada Keluarga Azmatkhan. Bukti Kesayyidan R. Patah berikutnya adalah menikahnya beliau dengan Syarifah putri Sunan Ampel Azmatkhan. Pada masa awal keturunan R. Patah menikah dengan kerabat dari qabilah Azmatkhan sebagai misal putri beliau dinikahi oleh Sayyid Fatahillah Azmatkhan.. cucu beliau dari Sultan Trenggono dinikahi oleh Sayyid Maulana Hasanudin Azmatkhan.. dan sebagainya.

III. Konsekwensi bila kita tidak menerima R. Patah sebagai Sayyid Azmatkhan (oleh Nurfadhil Azmatkhan Al-Husaini)

"http://www.facebook.com/profile.php?id=683901838&sk=wall#!/profile.php?id=683901838">Nurfadhil Azmatkhan Al-Husainii) :

1. Kita lebih yakin atau mungkin menuduh bahwa para Wali Allah tidak menjaga Sunnah dalam Syariat Islam.. yang tentang ini para Imam Fiqih berbagai Mazhab mempunyai titik temu hanya berbeda dalam derajat "menghukumi"-nya.

2. Kita lebih yakin atau mungkin menuduh bahwa para Wali Allah leluhur, membiarkan kezaliman dengan membiarkan saudara mereka yang Syarifah "disemena-menakan" melanggar syariah Islam oleh Seorang Pria yang menceraikan lantas menghadiahkan-nya pada orang lain dalam keadaan hamil.. yang mana orang lain tersebut adalah anaknya sendiri atau dlm tulisan ini Keponakannya sendiri.. yang dalam syariat Islam ini adalah haram. point 1 & 2 Ini sama juga kita menganggap para penyebar Islam sebagai tidak menjalankan aturan2 agama, padahal mereka dikenal sebagai Wali Allah.

3. Kita mengabaikan hubungan ilmu sejarah islam di nusantara dengan ilmu fiqih Islam, Ilmu antropology penggelaran & pemargaan Arab yang "hanya" dari garis laki dan tidak bertentangan dengan ilmu antropology penggelaran lain yg didapat R.Patah dari kluarga Cina maupun nusantara yang bisa didapat beliau dari tautan garis perempuan.

4. Kita tidak waspada akan adanya suatu "perancuan" sejarah baik secara sengaja maupun tidak sengaja (distorsi komunikasi).. padahal pencatatan sejarah & nasab di nusantara amat terkait mengikuti teladan pengaruhnya masuknya Islam namun tidak dalam waktu lama memasuki era Penjajahan.. yang mana kita ketahui bersama tidak lepas pengaruh dari kelanjutan perang Salib.. yang selain perang fisik, ekonomi, budaya, agama juga terkait dgn keilmuan sejarah...

5. Kita mengabaikan ijtihad dan kesaksian para ulama ahli nasab yang bersanad ilmu nasab dan lebih mengikuti pendapat lain.

6. Kita mengabaikan data sejaman (Suma Oriental) yang justru mengindikasikan R. Patah sebagai keluarga langsung Azmatkhan padahal data dari Portugis dapat kita nilai cenderung lebih objektif dibanding data Belanda atau data Nusantara jaman penjajahan yang kemungkinan disusupi kepentingan penjajah atau kepentingan legitimasi kepemimpinan Nusantara..

Dalam hal ini kami meyakini kejujuran para penulis & penjaga catatan tertulis di Palembang & Jawa dll.. hanya saja kami kawatir mereka2 yang jujur tersebut menyalin dari "sumber data yang telah dirancukan pihak lain atau tanpa sengaja terdistorsi" bukan meragukan kejujuran penulis & penjaganya yang terpercaya kredibilitasnya...

Wallahu alam bishowab ... Semoga bermanfaat..


8 komentar:

  1. saya sih suka dengan raden patah... tapi gak begitu neko neko.. artinya gak perlu mengetahui beliau sayyid atau bukan, nabi muhamad sendiri tidak senang di panggil sayiddina muhammad..

    BalasHapus
  2. SUTRADARA DIBALIK HANCURNYA NASAB RADEN PATAH DAN RUSAK NYA SEJARAH KELUARGA BESAR SULTAN ABDULLAH UMDATUDDIN / SULTAN HUT MESIR , AYAHNDA DARI SUNAN GUNUNG JATI ADALAH TUBAGUS NURFADHIL AL ALAWI AL HUSSEINI DAN GURUNYA KYAI FAROJI ........

    Setelah berkali kali saya desak dan serang di coment baru tb nurfadhil mengeluarkan bantahan terhadap hasil penelitianya 2010 kmrn yg sdh terlanjur di unggah ribuan nitizen facebook di malaysia dan indonesia dan disebarkan di internet, silah kan anda semua mencek nya di internet dan di baca yg ini, itulah sebab saya selalu berkata keras mengingatkan tb nurfadhil agar jgn gegabah seperti ini lagi :

    ### INI ADALAH BANTAHAN TUBAGUS NURFADHIL AL ALAWI atas HASIL PENELITIAN NASAB RADEN PATAH SBG PUTRA SULTAN ABDULLAH UMDATUDDIN / SULTAN HUT MESIR / WAN BO TRI TRI. TERBUKTI PENELITIAN INI TIDAK DIDASARI BUKTI BUKTI DN DATA VALID. Silahkan dibaca dan dipahami olh ribuan keturunan Raden Patah yg mengunakan hasil penelitian ini dan sekarang mengaku aku ahlul bait !!!!

    https://mbasic.facebook.com/notes/azmat-khan-al-husaini-pattani-royal-kelantan-walisongo-family-relatives-etc/sejarah-nasab-raden-fattah-sultan-demak/138429526176755/?__tn__=C

    BalasHapus
  3. STOP MEREKAYASA NASAB & MERUSAK SEJARAH KELUARGA BESAR SUNAN GUNUNG JATI BIN SULTAN ABDULLAH UMATUDDIN !!!

    "Waspada dgn para perusak nasab dan perusak sejarah utk mengacaukan sistem kekerabatan keluarga walisongo.

    Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini @ Ealkhani Alkhani makanya sudah kami sampaikan niat baik berkali2.. kalo memang ada data primernya silahkan ditunjukkan baik2 supaya bisa diteliti dan dikaji bersama2.. kalo belum ada data primernya ya harap maklum kalo ada yg tidak/belum menerimanya.. ngurus nasab ke rasulullah bukan perkara mudah dn main-main namun perlu tanggung jawab besar.. dan ke-tsiqoh-an.. serta bukti yang kuat serta sanad kesaksian yang jelas dan masyhur

    Disunting · Suka · Kemarin pukul 12:05

    Ealkhani Alkhani percuma saja anda menuliskan kalo nggk bisa memperlihatkan bukti otentik kuno.. dan jangan sebut yang menulis Rd. Patah sbg putra brawijaya V / Kertabhumi adalah penulis non-muslim.. jangan sampai anda terjebak mengkafirkan orang.. Tokoh2 kuno seperti Pangeran Arya Cirebon , Pangeran Wangsakerta dll... turunan Sunan Gunung Jati tahun 1600-an dan th 1700-an menuliskan ttg hal itu... kalo ada manuskrip yang sejaman atau lebih kuno menuliskan nasab rd patah sbg bin abdullah baru bisa menjadi pertimbangan. Kalo ttg gelar sayidin panatagama.. maupun shah dll,, memang bisa mengindikasikan bliau turunan ahlul bait tp blm tentu sbg sayyid.. karena kalo sayyidin panatagama.. bukan gelar kezuriyatan tapi gelar sebagai pemimpin nusantara yang menggunakan dasar agama Islam... jadi tolong sampaikan dengan kelompok anda termasuk Kyai Shohibul Faroji.. silahkan punya keyakinan itu tapi jangan memaksakan.. kalo mw ber-argumen ayo di dunia nyata tunjukkan bukti otentik data manuskrip kuno.. karena yang punya sanad ilmu nasab sampai ke Rasul tidak hanya beliau... afwan...

    Suka · 1 · 1 jam yang lalu

    Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini

    Ealkhani Alkhani jangan jauh2 pula ngomongin nasab ayah Rd. Patah.. ibunya saja sebagai Syarifah Zaenab tidak berdasar manuskrip kuno yang ditulis pencatat Muslim... dari mana dasarnya ? catatan siapa dari tahun berapa ? mana data otentik kuno yg dapat diperlihatkan ? jangan cuma dengan dasar menebar opini saja di internet... maaf sy mnghargai perbedaan pendapat tapi harus dgn dasar argumen bukti yang kuat... kalo blm kuat.. tolong jangan gegabah.. saya pun jadi lebih berhati2 saat ini ttg ilmu nasab. karena tanggung jawabnya besar dan takut salah dan jadi dosa

    Suka · 1 · 1 jam yang lalu

    Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini

    Ealkhani Alkhani dan satu lagi yang perlu saya luruskan dan nanti ana buka data... Babullah Ternate bukan bin syarif Abdullah dan bahkan bukan keluarga Azmatkhan... ada distorsi di sini .. data primer di ternate tidak ada menyebutkan silsilah ke azmatkhan ... ada distorsi kesamaan nama yang disangka peneliti sebelumnya sebagai satu jalur padahal beda jalur dan beda jaman ... inilah yang kita para peneliti perlu lebih hati2

    Suka · 1 · 1 jam yang lalu

    BalasHapus
  4. Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini

    afwan .. saya luruskan sedikit info Nyi Mas Sekar Kencanalarang , putri Tertua Raden Patah adalah Ratu Ayu Kirana Purnamasidi lahir th 1400 saka istri Maulana Hasanudin Banten, sedangkan Ratu Pembayun lahir 1408 saka istri dari Pangeran Jayakelana bin Sunan Gunung Jati lantas meninggal dan dinikahi Fatahillah yg berpoligami menantu sunan Gunung Jati sekaligus menantu Raden Patah. Adapun betul Ratu Mas Nyawa lahir 1410 saka betul mnikah dgn P. Bratakelana kemudian dgn P. Pasarean Cirebon bin Sunan Gunung Jati.. hal ini membuat kekerabatan Rd. Patah dengan jalur Banten dan Cirebon teramat dekat... Ealkhani Alkhani shingga kami tidak bisa sembarangan dgn pendataan jalur ini... Andai betul nasab Rd. Patah bin Syarif Abdullah .. mustahil keturunannya jalur perempuan rd. Patah mengingkari nasab bliau... namun ternyata tidak ada data otentik kuno yg berhasil ditemukan menyebutkan tentang hal ini ... shingga pun sy pun yg tadinya sempat menduga ini dan sekedar mnyiarkan pendapat KH S, Faroji... kembali mempertanyakan ttg sumber data otentik yg valid akan hal ini... maaf

    Suka · 26 menit yang lalu

    Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini

    Nyi Mas Sekar Kencanalarang & Ealkhani Alkhani andai ada yg nyebut syarifah zaenab putri sunan ampel.. itu juga distorsi.. karena versi s. faroji zaenab bukan putri sunan ampel tapi saudara sunan ampel yg nasabnya bin ibrahim asmara.. namun demikian berdasar naskah kuno dwarawati yg salah dialiaskan dgn zaenab bin ibrahim asmara, istri brawijaya V bukan demikian hubungannya... yang betul dwarawati adalah bibi sunan Ampel,, alias adik ipar ibrahim asmara... dan skaligus ibu tiri rd Patah krn Rd Patah ibunya bukan dr Dwarawati champa tapi dr cina yakni Siu Banci... mski scr fisik champa dan cina mirip.. tapi dr penamaan jelas beda... dan Rd Patah memiliki nama cina Jinbun tapi tidak memiliki nama Champa .. sebagaimana Syarif Abdullah yang ber-nama champa Bo Teri-Teri / Wan Bo... ini bukti bahwasanya Raden Patah jalurnya lebih dekat bukan ke champa tapi ke cina ,.. meski Rd Patah juga memiki leluhur nenek buyut dr champa yakni Dyah Kirana adik ipar Syeikh Jumadil Kubro ... (nama champa ada 2 versi ke-hinduan/sansekerta dan ke-bahasa kamboja-an)

    Suka · 18 menit yang lal

    Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini

    Nyi Mas Sekar Kencanalarang & Ealkhani Alkhani ... wslm wr wb... kembali seperti kita bahas.. ayah Tiri Rd. Patah adalah R. Arya Dillah / Arya Damar sedangkan dalam manuskrip kuno juga catatan pnulis Islam ayah kandungnya adalah kertabhumi / Brawijaya V, jadi tdk ada mnyambungkan nasab Rd. Patah ke ayah tirinya.. Kalo antum mnyebutkan Brawijaya V ayah tiri dan ayah kandung Rd. Patah ke Syarif Abdullah.. kembali kami tanyakan mana bukti kuatnya ??? sudah kami sebut kami pun turunan bliau andai kandungnya ke bliau mustahil kluarga kami nggk tahu dan nggk ngakuin,,,,

    Suka · 31 menit yang lalu

    BalasHapus
  5. Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini

    afwan .. saya luruskan sedikit info Nyi Mas Sekar Kencanalarang , putri Tertua Raden Patah adalah Ratu Ayu Kirana Purnamasidi lahir th 1400 saka istri Maulana Hasanudin Banten, sedangkan Ratu Pembayun lahir 1408 saka istri dari Pangeran Jayakelana bin Sunan Gunung Jati lantas meninggal dan dinikahi Fatahillah yg berpoligami menantu sunan Gunung Jati sekaligus menantu Raden Patah. Adapun betul Ratu Mas Nyawa lahir 1410 saka betul mnikah dgn P. Bratakelana kemudian dgn P. Pasarean Cirebon bin Sunan Gunung Jati.. hal ini membuat kekerabatan Rd. Patah dengan jalur Banten dan Cirebon teramat dekat... Ealkhani Alkhani shingga kami tidak bisa sembarangan dgn pendataan jalur ini... Andai betul nasab Rd. Patah bin Syarif Abdullah .. mustahil keturunannya jalur perempuan rd. Patah mengingkari nasab bliau... namun ternyata tidak ada data otentik kuno yg berhasil ditemukan menyebutkan tentang hal ini ... shingga pun sy pun yg tadinya sempat menduga ini dan sekedar mnyiarkan pendapat KH S, Faroji... kembali mempertanyakan ttg sumber data otentik yg valid akan hal ini... maaf

    Suka · 26 menit yang lalu

    Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini

    Nyi Mas Sekar Kencanalarang & Ealkhani Alkhani andai ada yg nyebut syarifah zaenab putri sunan ampel.. itu juga distorsi.. karena versi s. faroji zaenab bukan putri sunan ampel tapi saudara sunan ampel yg nasabnya bin ibrahim asmara.. namun demikian berdasar naskah kuno dwarawati yg salah dialiaskan dgn zaenab bin ibrahim asmara, istri brawijaya V bukan demikian hubungannya... yang betul dwarawati adalah bibi sunan Ampel,, alias adik ipar ibrahim asmara... dan skaligus ibu tiri rd Patah krn Rd Patah ibunya bukan dr Dwarawati champa tapi dr cina yakni Siu Banci... mski scr fisik champa dan cina mirip.. tapi dr penamaan jelas beda... dan Rd Patah memiliki nama cina Jinbun tapi tidak memiliki nama Champa .. sebagaimana Syarif Abdullah yang ber-nama champa Bo Teri-Teri / Wan Bo... ini bukti bahwasanya Raden Patah jalurnya lebih dekat bukan ke champa tapi ke cina ,.. meski Rd Patah juga memiki leluhur nenek buyut dr champa yakni Dyah Kirana adik ipar Syeikh Jumadil Kubro ... (nama champa ada 2 versi ke-hinduan/sansekerta dan ke-bahasa kamboja-an)

    Suka · 18 menit yang lal

    Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini

    Nyi Mas Sekar Kencanalarang & Ealkhani Alkhani ... wslm wr wb... kembali seperti kita bahas.. ayah Tiri Rd. Patah adalah R. Arya Dillah / Arya Damar sedangkan dalam manuskrip kuno juga catatan pnulis Islam ayah kandungnya adalah kertabhumi / Brawijaya V, jadi tdk ada mnyambungkan nasab Rd. Patah ke ayah tirinya.. Kalo antum mnyebutkan Brawijaya V ayah tiri dan ayah kandung Rd. Patah ke Syarif Abdullah.. kembali kami tanyakan mana bukti kuatnya ??? sudah kami sebut kami pun turunan bliau andai kandungnya ke bliau mustahil kluarga kami nggk tahu dan nggk ngakuin,,,,

    Suka · 31 menit yang lalu

    BalasHapus
  6. Nurfadhil Al-Alawi Al-Husaini


    Haqqadirrauf Bkl Raden Kelana , Nyai Ageng Gagak Pertala , Kang Ari Tea dalam hal ini sy sependapat dengan Nyai... dan adapun kami juga merupakan keluarga besar Kesultanan Banten yang ibu Maulana Yusuf adalah putri Raden Patah dan Arya Jipang / Arya Penangsang juga merupakan salah satu menantu leluhur kami Maulana HASANUDIN mlalui pernikahan dengan Ratu Arsanengah ... sehingga sbg krabat dan kluarga besar kami merasa aneh leluhur kami datanya mnjadi distorsi dibaurkan ke sama2 keturunan Syarif Abdullah ... padahal sumber data kuno otentiknya belum jelas... dan kami sbg kerabat pula ke jalur Demak belum menemukan data penguat bahwa Rd Patah sbg anak kandung Syarif Abdullah ... shingga pendapat yg mnyatakan demikian mesti dipertimbangkan ulang dan diteliti lebih lanjut... maaf dan terima kasih ...

    Nyai Ageng Gagak Pertala, Kang Ari Tea Haqqadirrauf Bkl Raden Kelana padahal dlm data kuno.. ayah kandung rd patah adalah kertabhumi / prabu brawijaya V .. ayah angkatnya arya damar... dan sn gunung jati merupakan besan rd patah... arya jipang /penangsang adlh salah satu menantu maulana Hasanudin artinya 'andai benar rd patah bin sy abdullah' hubungan kkluargaan yg dekat dgn jalur kekerabatan dgn sn gunug jati ini nggk mungkin kalo kluarga turunan jalur cirebon, banten dan kelantan sampai tidak tahu atw mengingkarinya kalo memang ada data kuatnya... tapi nyatanya di kluarga turunan Sy Abdullah Jalur Cirebon, Banten dan Kelantan ... yang beda jalur tapi saling mengakui... tidak / belum menemukan data bahwa rd patah juga sbg bin syarif Abdullah ?? padahal kalo memang ada datanya sbg kerabat dekat mustahil kami mendustakan / meragukan bilamana betul ada data pendukung otentik

    BalasHapus
  7. SUMBER DATA RADEN FATTAH MENURUT PARA ULAMA' DAN HABAIB
    [Data Sejarah Dari Al-Habib Hadi bin Abdullah Al-Haddar dan Al-Habib Bahruddin Azmatkhan Ba'alawi]

    Sumber data yang benar dan disepakati oleh para Ulama' Islam adalah bahwa
    1. Raden Fattah adalah murid dan menantu Sunan Ampel
    2. Raden Fattah adalah Sayyid.

    Bukti kesayyidan Raden Fattah, adalah:
    1. Dinikahkan dengan Syarifah Asyiqah binti Sunan Ampel. Dalam perspektif Fiqih Munakahat dan Kafa'ah Syarifah. Maka seorang Syarifah hanya pantas menikah dengan sayyid. Mengenai hal ini para ulama' 4 Madzhab sepakat, bahwa Syarifah seharusnya menikah dengan sayyid.



    2. Berdasarkan beberapa kesaksian dari para ulama' dan habaib. dijelaskan bahwa:Menurut Sayyid Bahruddin Ba'alawi, dan juga almarhum Habib Muhsin Alhaddar dan Al-Habib Hadi bin Abdullah Al-Haddar Banyuwangi menjelaskan bahwa Silsilah Raden Fattah mengalami pemutar balikan sejarah. Tokoh orientalis yang telah memutarbalikkan sejarah dan nasab Kesultanan Demak adalah Barros, Hendrik De Lame dll. Mereka ini adalah Orientalis Belanda yang berfaham Zionis.

    Ayah Raden Fattah adalah Sultan Abu Abdullah (Wan Bo atau Raja Champa) ibni Ali Alam (Ali Nurul Alam ) ibni Jamaluddin Al-Husain ( Sayyid Hussein Jamadil Kubra) ibni Ahmad Syah Jalal ibni Abdullah ibni Abdul Malik ibni Alawi Amal Al-Faqih ibni Muhammad Syahib Mirbath ibni ‘Ali Khali’ Qasam ibni Alawi ibni Muhammad ibni Alawi ibni Al-Syeikh Ubaidillah ibni ahmad Muhajirullah ibni ‘Isa Al-Rumi ibni Muhammad Naqib ibni ‘Ali zainal Abidin ibni Al-Hussein ibni Sayyidatina Fatimah binti Rasulullah SAW .

    Ayah Raden Patah yaitu Sultan Abu Abdullah (Wan Bo atau Raja Champa) ini menikah dengan Putri Brawijaya V (Bhre Kertabhumi).

    Jadi pernikahan ini sesuai dengan Syariat Islam, karena seorang sayyid yaitu Sultan Abu Abdullah menikahi putri Brawijaya dan mengislamkannya.

    Panggilan putra Brawijaya terhadap Raden Pattah. bukan berarti dalam arti anak. tetapi dalam bahasa JAWA ...Putra dipakai untuk memanggil anak, cucu, cicit dan keturunan.

    Dalam Catatan beberapa Rabitah yang ada di Indonesia serta beberapa catatan para Habaib dan Kyai ahli nasab diriwayatkan bahwa:

    Sayyid Abu Abullah (Wan Bo atau Raja Champa) memiliki istri:
    1. Isteri Pertama adalah: Syarifah Zainab binti Sayyid Yusuf Asy-Syandani (Pattani Thailand) melahirkan 2 anak laki-laki: yaitu:
    a. Sayyid Abul Muzhaffar, melahirkan para sultan Pattani, Kelantan lama dan Malaysia.
    b. Sayyid Babullah, melahirkan Sultan-sultan Ternate.

    2. Isteri kedua adalah Nyai Rara Santang binti Prabu Siliwangi Raja Pajajaran, melahirkan 2 anak, yaitu:
    a. Sultan Nurullah (Raja Champa)
    b. Syarif Hidayatullah (Raja Cirebon) bergelar Sunan Gunung Jati.

    3. Istri ketiga adalah Nyai Condrowati binti Raja Brawijaya V, melahirkan 1 anak yaitu: Raden Patah yang bergelar Sultan Alam Akbar Al-Fattah. Gelar Akbar dinisbatkan pada gelar ayahnya yaitu Sultan Abu Abdullah (Wan Bo atau Raja Champa) ibni Ali Alam (Ali Nurul Alam ) ibni Jamaluddin Al-Husain ( Sayyid Hussein Jamadil Kubra atau Syekh Maulana Al-Akbar)

    Cerita yang wajib diluruskan adalah:
    1. Menurut Babad Tanah Jawi, Bahwa Raden Patah anak dari Brawijaya V yang menikahi Syarifah dari Champa yang bernama Ratu Dwarawati

    Sanggahan saya:
    Dalam ilmu Fiqih Islam, hal ini penghinaan terhadap Syarifah, karena tidak mungkin seorang syarifah dinikahkan kepada Raja Hindu. kalao toh masuk Islam. Maka tidak mungkin syarifah menikah dengan muallaf.

    2. Menurut kronik Cina dari kuil Sam Po Kong, Ibu Raden Patah adalah Selir Brawijaya dari Cina. Lalu selir tersebut dicerai dan dinikahkan kepada anak brawijaya yang menjadi Adipati Palembang.

    Sanggahan Saya:
    Jelas sekali kisah ini bertentangan dengan syariat Islam. Dan tidak layak dinisbatkan kepada ibu dari Raden Patah. Haram hukumnya Istri ayah meskipun telah dicerai dinikahkan dengan anak yang lain.

    BalasHapus
  8. Berkutik dengan data yg copy paste dr yg ada, keakurasiannya belum kuat...jika memang keturunan orang arab dilihat dr garis laki2, coba buktikan keturunan Kanjeng Rassululah Muhamad SAW. Bukankah anak laki2nya dibunuh dan beliau tidak memiliki penerus lg dr garis laki2...kok malah banyak orang ngaku2 keturnunan Nabi Besar Muhamad SAW...coba buktikan dan mohon untuk dibedakan antara agama dr Kanjeng Rossul dan orang yg beragama ??? Agama adalah agama, suatu ajaran untuk mempelajari akhlak dan budi pekerti. Sedangkan orang yg beragama ingin tahu dan belajar akan itu...dan saya yakin mereka masih mempunyai trik dan intrik dengan iatilah sok suci.


    Ada sebuah kisah mengenai kesalahan Kanjeng Rossul ( saya lupa suratnya ) ada seorang buta yg ingin belajar mengeai islam tp malamh memilih penguasa pada saat itu (kedatangan petinggi kerajaan) dan itu langsung di ingatkan oleh malaikat Jibril.

    Sugeng Dalu...

    BalasHapus